Pendaftaran
[alim_ticker]

Apa itu metode Ummi?

Pengertian Ummi

Metode ummi adalah salah satu metode membaca Al-Qur’an yang langsung memasukkan dan mempraktekan bacaan tartil sesuai kaidah ilmu tajwid dengan menggunakan pendekatan bahasa ibu yang menekankan kasih sayang dengan metode klasikal baca simak dan system penjamin mutu seperti Tashih, Tahsin, Sertifikasi dan lain-lain

Beberapa metode ummi

1. Direct Method (Metode Langsung)

Direct method atau metode langsung adalah membaca Alquran secara langsung, tidak pakai dieja atau diuraikan, dan dengan sedikit penjelasan.

2. Repetition (Diulang-ulang)

Repetition atau diulang-ulang adalah membaca ayat Alquran secara berulang-ulang. Hal ini dianalogikan seperti seorang ibu yang biasanya mengulang-ulang kata atau kalimat saat mengajarkan bahasa kepada anaknya.

3. Kasih Sayang Tulus

Kunci kesuksesan seorang ibu dalam mendidik anaknya adalah dengan memberikan cinta, kasih sayang yang tulus, dan kesabaran. Begitu pula seorang guru dalam mengajarkan Alquran. Sebaiknya guru meneladani sosok ibu agar dapat menyentuh hati anak didiknya.

Tahapan Pembelajaran Alquran dengan Metode Ummi

Tahapan pembelajaran Alquran dengan metode ummi merupakan langkah-langkah mengajar yang harus dilakukan seorang guru dalam prosesnya. Tahapan-tahapan mengajar ini harus dilaksanakan secara berurutan, yaitu:

1. Pembukaan

Pembukaan adalah kegiatan pengondisian para peserta didik untuk siap belajar, dilanjutkan dengan salam pembuka dan membaca doa pembuka belajar Alquran bersama-sama.

2. Apersepsi

Apersepsi adalah mengulang kembali materi yang telah diajarkan sebelumnya untuk dapat dikaitkan dengan materi yang akan diajarkan pada hari itu.

3. Penanaman Konsep

Penanaman konsep adalah proses menjelaskan materi atau pokok bahasan yang akan diajarkan pada hari itu.

4. Pemahaman Konsep

Pemahaman konsep adalah memberikan pemahaman kepada anak terhadap konsep yang telah diajarkan dengan cara melatih anak untuk contoh-contoh dari pokok bahasan.

5. Latihan atau Keterampilan

Latihan atau keterampilan adalah kegiatan melancarkan bacaan anak dengan cara mengulang-ulang contoh atau latihan yang ada pada halaman pokok bahasan atau halaman latihan.

6. Evaluasi

Evaluasi adalah pengamatan sekaligus penilaian melalui buku prestasi terhadap kemampuan dan kualitas bacaan anak satu persatu.

ADVERTISEMENT

7. Penutup

Penutup adalah pengondisian anak untuk tetap tertib kemudian membaca doa penutup dan diakhiri dengan salam penutup dari ustaz atau ustazah.

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2024, All Rights Reserved